(1) حدثنا يحيى بن يحيى التميمي وأبو جعفر، محمد بن الصباح وعبيدالله القواريري وسريج بن يونس. كلهم عن يوسف بن الماجشون (واللفظ لابن الصباح). حدثنا يوسف، أبو سلمة الماجشون. حدثنا محمد بن المنكدر عن سعيد بن المسيب، عن عامر بن سعد ابن أبي وقاص، عن أبيه، قال:
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم لعلي "أنت مني بمنزلة هارون من موسى. إلا أنه لا نبي بعدي".
قال سعيد: فأحببت أن أشافه بها سعدا. فلقيت سعدا. فحدثته بما حدثني عامر. فقال: أنا سمعته. فقلت: آنت سمعته؟ فوضع إصبعيه على أذنيه فقال: نعم. وإلا فاستكتا
1.
Yahya bin Yahya At-Tamimi, Abu Ja’far Muhammad bin
Ash-Shabbah, Ubaidullah Al-Qawariri, dan Suraij bin Yunus telah memberitahukan
kepada kami, riwayat mereka semua berasal dari riwayat Yusuf Al-Majisyun telah
memberitahukan kepada kami, Muhammad bin Al-Munkadir telah memberitahukan
kepada kami, dari Sa’id bin Al-Musayyab, dari Amir bin Sa’ad bin Abi Waqqash,
dari ayahnya, ia berkata, “Rasulullah Saw. Bersabda kepada Ali bin Abi Thalib,
“Sesungguhnya kedudukanmu di sisiku adalah seperti kedudukan Harun di sisi
Musa, hanya saja tidak ada Nabi sesudahku.”
Sa’id berkata, “Aku ingin
sekali menceritakan ini kepada Sa’ad, kemudian aku pun bertemu dengannya. Aku
lalu menceritakan apa yang telah diceritakan Amir kepadaku. Sa’ad berkata, “Aku
telah mendengarnya.” Aku (Sa’id) bertanya, “Benarkah engkau telah
mendengarnya?” Dia meletakkan kedua jarinya di telinganya seraya berkata, “Ya,
jika tidak, semoga kedua telinga ini menjadi tuli.”
Takhrij Hadits
Ditakhrij oleh At-Tirmidzi di dalam Kitab al-Manaaqib,
Bab 21 (nomor 3731), Tuhfah al-Asyraf
(nomor 3858)
(2) وحدثنا أبو بكر بن أبي شيبة. حدثنا غندر عن
شعبة. ح وحدثنا محمد بن المثنى وابن بشار. قالا: حدثنا محمد بن جعفر. حدثنا شعبة
عن الحكم، عن مصعب بن سعد بن أبي وقاص، عن سعد بن أبي وقاص. قال:
خلف رسول الله صلى الله عليه وسلم علي بن أبي طالب، في غزوة تبوك. فقال: يا رسول الله! تخلفني في النساء والصبيان؟ فقال "أما ترضى أن تكون مني بمنزلة هارون من موسى؟ غير أنه لا نبي بعدي".
خلف رسول الله صلى الله عليه وسلم علي بن أبي طالب، في غزوة تبوك. فقال: يا رسول الله! تخلفني في النساء والصبيان؟ فقال "أما ترضى أن تكون مني بمنزلة هارون من موسى؟ غير أنه لا نبي بعدي".
2.
Dan Abu Bakar bin Abi Syaibah telah memberitahukan kepada
kami, Ghundar telah memberitahukan kepada kami dari Syu’bah. (H) Muhammad bin
Al-Mutsanna dan Ibnu Basysyar telah telah memberitahukan kepada kami, keduanya
berkata, Muhammad bin Ja’far telah memberitahukan kepada kami, Syu’bah telah
memberitahukan kepada kami dari al-Hakam, dari al-Mush’ab bin Sa’ad bin Abi
Waqqash, dari Sa’ad bin Abi Waqqash, ia berkata, “Rasulullah menugaskan Ali bin
Abi Thalib untuk tetap tinggal di Madinah (tidak ikut perang) sewaktu perang
Tabuk, maka Ali berkata, “Wahai Rasulullah engkau meninggalkan aku bersama para
wanita dan anak-anak?” beliau menjawab, “Tidakkah kamu rela memperoleh
kedudukan di sisiku seperti kedudukan Harun di sisi Musa? Hanya saja tidak ada
Nabi sesudahku.”
Ditakhrij oleh AlBukhari dalam Kitab Al-Maghazi, Bab
Ghazwah Tabuk (nomor 4416), Tuhfah
al-Asyraf (nomor 3931)
أَلَا تَرْضَى أَنْ تَكُونَ مِنِّي
بِمَنْزِلَةِ هَارُونَ مِنْ مُوسَى إِلَّا أَنَّهُ لَيْسَ نَبِيٌّ بَعْدِي
Tidakkah
engkau rela kedudukanmu dariku seperti kedudukan Harun dari Musa, hanya saja
tidak ada nabi setelahku.
Hadist ini memiliki banyak
riwayat, diantaranya:
1. Shahih Bukhari 4064: Telah menceritakan kepada kami Musaddad
Telah menceritakan kepada kami Yahya dari Syu’bah dari Al Hakam dari Mush’ab
bin Sa’ad dari Bapaknya bahwaRasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam
pernah menugasi Ali bin Abu Thalib untuk menjaga kaum muslimin ketika terjadi
perang Tabuk.” Ali berkata; “Ya Rasulullah, mengapa engkau hanya menugasi saya
untuk menjaga kaum wanita dan anak-anak?” Rasulullah shallallahu ‘alaihi
wasallam menjawab: “Tidak inginkah kamu hai Ali memperoleh posisi di sisiku
seperti posisi Harun di sisi Musa, padahal sesudahku tidak akan ada nabi lagi?” Abu
Daud berkata; Telah menceritakan kepada kami Syu’bah dari Al Hakam Aku
mendengar Mus’ab.
2. Shahih Muslim 4419: Dan telah menceritakan kepada kami Abu Bakr
bin Abu Syaibah; Telah menceritakan kepada kami Ghundar dari Syu’bah; Demikian
juga diriwayatkan dari jalur lainnya, Dan telah menceritakan kepada kami
Muhammad bin Al Mutsanna dan Ibnu Basysyar keduanya berkata; Telah menceritakan
kepada kami Muhammad bin Ja’far Telah menceritakan kepada kami Syu’bah dari Al
Hakam dari Mush’ab bin Sa’ad bin Abi Waqqash dari Sa’ad bin Abi Waqqash dia
berkata; “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah menugasi
Ali bin Abu Thalib ketika terjadi perang Tabuk.” Ali berkata, “Ya
Rasulullah, mengapa engkau hanya menugasi saya untuk menjaga kaum wanita dan
anak-anak di rumah?” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab: “Tidak
inginkah kamu hai Ali memperoleh posisi di sisiku seperti posisi Harun di sisi
Musa, hanya sesudahku tidak akan ada nabi lagi?” Telah
menceritakan kepada kami ‘Ubaidullah bin Mu’adz; Telah menceritakan kepada kami
Bapakku; Telah menceritakan kepada kami Syu’bah melalui jalur ini.
3. Shahih Muslim 4421: Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin
Abu Syaibah; Telah menceritakan kepada kami Ghundar dari Syu’bah; Demikian juga
diriwayatkan dari jalur lainnya, Dan telah menceritakan kepada kami Muhammad
bin Al Mutsanna dan Ibnu Basysyar keduanya berkata; Telah menceritakan kepada
kami Syu’bah dari Sa’ad bin Ibrahim Aku mendengar Ibrahim bin Sa’ad dari Sa’ad
dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda kepada Ali;
Tidakkah kamu rela bahwa kedudukanmu denganku seperti kedudukan Harun dengan
Musa?“
4. Sunan Tirmidzi 3663: Telah menceritakan kepada kami Mahmud bin
Ghailan telah menceritakan kepada kami Abu Ahmad telah menceritakan kepada kami
Syarik dari Abdullah bin Muhammad bin ‘Aqil dari Jabir bin Abdullah bahwa Nabi
shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda kepada Ali: “Kedudukanmu
bagiku ibarat kedudukan Harun dari Musa, hanya saja tidak ada Nabi
sesudahku.” Abu Isa berkata; “Hadits ini derajatnya hasan gharib
melalui jalur ini, dan dalam bab ini, ada juga riwayat dari Sa’d, Zaid bin Arqam,
Abu Hurairah dan Ummu Salamah.”
5. Sunan Ibnu Majah 112: Telah menceritakan kepada kami Muhammad
bin Basyar berkata, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja’far berkata,
telah menceritakan kepada kami Syu’bah dari Sa’d bin Ibrahim ia berkata; aku mendengar
Ibrahim bin Sa’id bin Abu Waqqash menceritakan dari Bapaknya dari Nabi
shallallahu ‘alaihi wasallam, bahwasanya beliau bersabda kepada Ali: “Apakah
kamu tidak ridla, jika kedudukanmu di sisiku sebagaimana kedudukan Harun di
sisi Musa.”
6. Musnad Ahmad 1498: Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin
Ja’far telah menceritakan kepada kami Syu’bah dari Al Hakam dari Mush’ab bin
Sa’d dari Sa’d bin Abu Waqash berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam
mengangkat Ali bin Abu Thalib (sebagai pengganti beliau) pada saat Perang
Tabuk, kemudian Ali RAdhiallah ‘anhu berkata; “Wahai Rasulullah,
apakah anda meninggalkanku bersama para wanita dan anak-anak!” beliau bersabda:
“Tidakkah kamu rela bahwa kedudukanmu denganku seperti kedudukan Harun dengan
Musa? Hanya saja tidak ada Nabi setelahku”
Hadist ini dapat diterangkan
menjadi beberapa aspek:
Pertama, Nabi Saw. mengangkat Ali r.a. sebagai penggantinya atas Madinah pada
perang tabuk. Dan ini merupakan hal yang biasa dilakukan beliau Saw. dengan
mengangkat salah seorang dari para shahabatnya sebagai penggantinya atas
Madinah, akan tetapi tatkala beliau Saw. mengangkat Ali, kaum munafik
mengejeknya. Lalu ia menemui Nabi Saw. untuk mengadukan tuduhan kaum munafik
itu, lalu nabi Saw. menghiburnya dengan hal itu (ucapan dalam hadist itu,
pent.), maka pulanglah ia.
Kedua, beliau Saw. mengumpamakannya
sebagai Harun, saudara Musa, adalah dalam penggantian sementara, sebab Harun
adalah pengganti Musa ketia ia (Musa) pergi (untuk munajat) dengan Rabbnya pada
waktu yang telah ditentukan, lalu berakhirlah masa penggantian itu sepulang
Musa. Namun Harun tidak mengganti Musa setelah meninggalnya ia (Musa)
karena ia wafat sebelum Musa.
Ketiga, pengangkatan ini telah berakhir setelah Nabi Saw. kembali,
kemudian beliau Saw. mengutusnya setelah itu ke Yaman bersama Mu’adz dan Abu
Musa Al-Asy’ari. Dan Nabi Saw. pergi haji dan beliau mengangkat orang lain
untuk menjadi penggantinya atas Madinah. Maka ini menunjukkan bahwa pengangkatan
itu telah terputus.
Keempat, Adanya hadist-hadist ini di dalam kitab-kitab Ahlussunnah
menunjukkan bahwa para shahabat adalah jujur dan tidak menyembunyikan hadist
nabi yang sampai kepadanya. Begitu juga imam hadist telah menulis hadist-hadist
ini dalam kitab mereka, ini menunjukkan mereka juga tidak menyembunyikan ilmu
dan telah jujur tanpa kepentingan tertentu. Tentu ini sangat kontradiktif bagi
syiah, karena mereka menuduh shahabat telah murtad kecuali 3 shahabat, dan
mereka juga tidak mempercayai dan tidak memakai hadist-hadist di dalam kitab
ahlussunnah. Namun aneh
memang karena mereka memperkuat argumen-argumen mereka dengan memakai
hadits-hadits ahlussunnah.
- (3) حدثنا قتيبة بن سعيد. حدثنا يعقوب (يعني
ابن عبدالرحمن القاري) عن سهيل، عن أبيه، عن أبي هريرة؛
أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال، يوم خيبر "لأعطين هذه الراية رجلا يحب الله ورسوله. يفتح الله على يديه". قال عمر بن الخطاب: ما أحببت الإمارة إلا يومئذ. قال فتساورت لها رجاء أن أدعى لها. قال فدعا رسول الله صلى الله عليه وسلم علي بن أبي طالب. فأعطاه إياها. وقال "امش. ولا تلتفت. حتى يفتح الله عليك". قال فسار علي شيئا ثم وقف ولم يلتفت. فصرخ: يا رسول الله! على ماذا أقاتل الناس؟ قال "قاتلهم حتى يشهدوا أن لا إله إلا الله وأن محمدا رسول الله. فإذا فعلوا ذلك فقد منعوا منك دماءهم وأموالهم. إلا بحقها. وحسابهم على الله".
أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال، يوم خيبر "لأعطين هذه الراية رجلا يحب الله ورسوله. يفتح الله على يديه". قال عمر بن الخطاب: ما أحببت الإمارة إلا يومئذ. قال فتساورت لها رجاء أن أدعى لها. قال فدعا رسول الله صلى الله عليه وسلم علي بن أبي طالب. فأعطاه إياها. وقال "امش. ولا تلتفت. حتى يفتح الله عليك". قال فسار علي شيئا ثم وقف ولم يلتفت. فصرخ: يا رسول الله! على ماذا أقاتل الناس؟ قال "قاتلهم حتى يشهدوا أن لا إله إلا الله وأن محمدا رسول الله. فإذا فعلوا ذلك فقد منعوا منك دماءهم وأموالهم. إلا بحقها. وحسابهم على الله".
3.
Qutaibah bin Sa’id telah memberitahukan kepada kami,
Hatim—Ibnu Isma’il—telah memberitahukan kepada kami, dari Yazid bin Abi Ubaid,
dari Salamah bin Al-Akwa’, ia berkata,” Pada perang Khaibar, Ali bin Abi Thalib
telah tertinggal dari pasukan Nabi saw. Karena terserang penyakit mata” dia
berkata, “Aku tertinggal dari pasukan Rasulullah saw.” Akhirnya Ali keluar
menyusul Rasulullah saw. Pada waktu sore
di mana keesokan paginya Allah memberikan kemenangan kepada pasukan
Islam. Rasulullah saw. bersabda “Sungguh aku akan berkan bendera ini—atau
beliau bersabda—bendera ini akan dipegang”- esok har oleh seorang yang dicintai
Allah dan Rasul-Nya—atau beliau bersabda, “Dia mencintai Allah dan Rasul-Nya”.
Tiba-tiba kami bertemu dengan Ali maka hilanglah harapan kami untuk diberi bendera
tersebut. Para sahabat berkata “inilah Ali.” Rasulullah saw. lalu memberikan
bendera tersebut kepada Ali. Dan akhirnya Allah memberikan kemenangan padanya.”
Ditakhrij oleh Al-Bukhari dalam Kitab Al-Jihad wa
As-Sair, bab Ma Qola fii Liwa’ An-Nabi saw. (nomor 2975), Kitab Fadhail
Shahabah, bab Manaqib Ali bin Abi Thalib al-Quraisyi al-Hasyimi Abi al-Hasan
r.a. (nomor 4209 dan 4543), Tuhfah al-Asyraf (nomor 4713)
Peperangan
yang cukup sengit terjadi di sekitar benteng Naa’im, satu dari delapan benteng
mereka yang terkenal kokoh. Berkali-kali tentara kaum muslimin mencoba untuk
menjebol benteng tersebut tetapi selalu gagal. Kemudian pada suatu malam
Rasulullah saw bersabda kepada para sahabatnya:
“Sungguh
aku akan menyerahkan panji perang ini besok kepada seorang laki-laki yang Allah
akan memberikan kemenangan lewat kedua tangannya, dia
mencintai Allah dan Rasul-Nya serta dicintai oleh Allah dan Rasul-Nya.”
Maka para sahabat sibuk membicarakan tentang siapakah yang akan menerima panji
tersebut. Maka ketika di pagi hari para sahabat mendatangi Rasulullah saw
masing-masing mengharap bahwa dialah yang akan diserahi panji perang tersebut.
Lalu beliau saw bersabda, “Di manakah ‘Ali bin Abi Thalib?” Para sahabat
menjawab, “Wahai Rasulullah, dia sedang sakit mata.” Beliau bersabda,
“Panggillah dia untuk datang kesini.” Ia pun didatangkan lalu Rasulullah
saw meludah pada kedua matanya dan mendo’akannya maka sembuhlah sakitnya
bahkan seolah-olah tidak pernah sakit sebelumnya. Kemudian beliau menyerahkan
panji perang tersebut kepadanya. Lalu ‘Ali bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah
aku perangi mereka hingga menjadi muslim seperti kami?” Beliau bersabda,
“Berjalanlah dengan perlahan sampai engkau mendatangi halaman mereka, kemudian
serulah mereka untuk masuk Islam dan beritahulah tentang hak-hak Allah yang
wajib atas mereka. Demi Allah! Seandainya Allah memberi hidayah
kepada satu orang saja dengan sebabmu maka itu lebih baik bagimu daripada
engkau memiliki unta yang merah-merah.” (HR. Bukhari)
Adapun
pengaruh dari tiupan ludah Rasulullah saw kepada ‘Ali tersebut dilukiskan
sendiri olehnya sebagai berikut, “Aku tidak pernah sakit mata dan tidak pernah
pusing semenjak Rasulullah saw mengusap wajahku dan meludah pada kedua mataku
pada waktu perang Khaibar yaitu saat beliau menyerahkan panji perang kepadaku.”
(HR. Ahmad dan Abu Ya’la, hadits shahih)
Kemudian
kaum muslimin menggempur sekali lagi benteng-benteng Yahudi tersebut dengan
semangat yang baru. ‘Ali bin Abi Thalib keluar memimpin kaum muslimin menuju
benteng tersebut. Sebelum melakukan penyerangan dia menyeru orang-orang yang
Yahudi terlebih dahulu untuk masuk Islam akan tetapi mereka menolak seruan
tersebut dan mereka menantang kaum muslimin dengan dipimpin oleh Marhab, raja
mereka. Marhab menantang perang tanding (duel) seraya berkata:
“Medan
Khaibar telah tahu bahwa akulah Marhab!
Penyandang
senjata pahlawan yang teruji!
Jika
peperangan telah berkecamuk dan menyala!”
Amir bin
Al Akwa’ ra maju untuk menghadapinya, perang tanding berjalan seru akan tetapi
pada akhirnya Amir terbunuh sebagai syahid, maka Nabi saw bersabda,
“Sesungguhnya baginya dua pahala –seraya beliau mengisyaratkan dengan kedua
jarinya- sesungguhnya dia telah bersungguh-sungguh dan mujahid yang sedikit
sekali seorang Arab yang berjalan seperti dia.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Kemudian
dengan sombongnya Marhab menantang sekali lagi perang tanding seraya
melantunkan bait-bait syair di atas, maka ‘Ali bin Abi Thalib maju seraya
berkata:
“Akulah
yang diberi nama oleh ibuku dengan Haidar (singa)
Bagaikan
singa hutan yang seram tampangnya.
……. “
Sekejap
saja beliau berhasil memukul kepala Marhab dan menewaskannya saat itu juga.
Kemudian kemenangan kaum muslimin dapat diraih dengan kepemimpinan ‘Ali bin Abi
Thalib.
Ibnu
Ishak meriwayatkan dari Abu Rafiq ra bahwa ia berkata, “Ketika peperangan
berkecamuk, ‘Ali bin Abi Thalib sempat mengambil salah satu pintu benteng untuk
dijadikan tameng (perisai)nya, pintu tersebut senantiasa dipegangnya sambil
berperang menghadapi lawan sampai Allah memberikan kemenangan atas kami,
setelah itu beliau lemparkan pintu tersebut. Sungguh aku menyaksikan bahwa
delapan orang di antara kami berupaya keras untuk membalikkannya tetapi kami
tak kuasa (karena beratnya).”
Demikianlah
‘Ali bin Abi Thalib seorang pahlawan Islam yang pemberani lagi zuhud terhadap
dunia. Dia pernah berkata, “Sesungguhnya sesuatu yang paling aku takuti adalah
hawa nafsu dan panjang angan-angan. Hawa nafsu akan menghalangi seseorang dari
mengikuti kebenaran, sedangkan panjang angan-angan akan membuat seorang hamba
lupa terhadap akhiratnya. Ingatlah sesungguhnya dunia berlalu ke belakang
(meninggalkan kita) sementara akhirat datang menjemput kita. Masing-masing dari
keduanya memiliki putra, maka jadilah kalian putra-putra akhirat dan janganlah
menjadi putra-putra dunia. Sungguh hari ini adalah saat beramal dan tidak ada
hisab, dan kelak yang ada hanyalah hisab dan tidak ada lagi kesempatan
beramal.”
Alangkah
butuhnya Islam terhadap pemuda-pemuda seperti beliau yang tulus mencintai Allah
dan Rasul-Nya, lemah lembut terhadap orang yang beriman, tegas terhadap
orang-orang kafir, berjihad di jalan Allah dan tidak takut cercaan orang-orang
yang suka mencerca. Inilah sifat-sifat generasi yang diharapkan oleh Islam.
Inilah kriteria generasi yang akan membawa perubahan (lihat Qs. Al Maidah{5}
:54). Imam Malik –rahimahullah- pernah berkata, “Tidak akan menjadi baik
kondisi generasi akhir umat ini kecuali dengan apa yang generasi awal umat ini
menjadi baik dengannya.” Ya, benar! Generasi awal umat Islam tidak melejit
menjadi jaya (mulia) kecuali dengan meluruskan aqidah dan tauhidnya, menjadikan
Allah, Rasul dan berjihad di jalan-Nya lebih dicintai daripada dunia dan
seisinya (lihat Qs. At Taubah{9} :24)
Daftar Pustaka
Imam Nawawi,Tarjamah Syarah
Muslim Nawawi Jilid.11, Darus Sunnah. Jakarta, 2011
As Suyuthi, Al Hafidh Jalaaluddin. Taariikhul
Khulafaa’. Mizan. Bandung, 2010.
al-Murojaat-Dialog-sunni-syiah-(Sayyed-allamah-syarafuddin-al-musawi-ra)
PDF.
terimakasih postingannya. Bagus!
ReplyDeletekontennya bagus, trims
ReplyDeletecongrats